Jumat, 27 Februari 2015

DOWNLOAD KISI-KISI UJI KOMPETENSI PENGAWAS SEKOLAH 2015 PADAMU NEGERI

Yth. Sahabat Edukasi�

Berdasarkan share Info dari Padamu Negeri Kemdikbud pada Rakor BPSDMPK - PMP Kemdikbud di P4TK Penjas dan BK yang masih berlangsung pada tanggal 24 - 27 Februari 2015 yang lalu, bahwasannya akan dilaksanakan kegiatan Uji Kompetensi Kepala Sekolah dan Pengawas khusus naungan Kemdikbud se-Indonesia pada tanggal 23 - 28 Maret 2015.

Seperti halnya pada Kompetensi Kepala Sekolah/Madrasah, Kompetensi Pengawas Sekolah/Madrasah juga terdiri dari 4 Dimensi yang tentu saja berbeda yakni :

1.   Supervisi Manajerial
2.   Supervisi Akademik
3.   Penelitian dan Pengembangan
4.   Evaluasi Pendidikan


Dari masing-masing Kompetensi Pengawas Sekolah/Madrasah di atas memiliki beberapa Kompetensi, dan masing-masing kompetensi terdapat beberapa Indikator.

Berikut Kisi-kisi Uji Kompetensi Pengawas Sekolah/Madrasah Tahun 2015 selengkapnya :

1.  SUPERVISI MANAJERIAL

a. Menguasai metode, teknik dan prinsip- prinsip supervisi dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di sekolah
       Menerapkan prinsip-prinsip supervisi manajerial untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah
       Menerapkan metode supervisi manajerial
       Menerapkan teknik supervisi manajerial untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah
       Menerapkan teknik supervisi manajerial untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah
b.   Menyusun program kepengawasan berdasarkan visi-misi-tujuan dan program pendidikan di sekolah
       Menganalisis kebutuhan program kepengawasan supervisi manajerial
    Membagankan program kepengawasan supervisi manajerial berdasarkan visi, misi, tujuan dan program pendidikan di sekolah
  Merancang program kepengawasan supervisi manajerial berdasarkan visi, misi, tujuan dan program pendidikan di sekolah
c.   Menyusun metode kerja dan instrumen yang diperlukan untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi pengawasan disekolah
       Merancang metode kerja pengawasan yang efektif
       Menerapkan metode kerja dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi pengawasan
       Menerapkan metode kerja dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi pengawasan
       Menyusun instrument kepengawasan
       Mengunakan insrumen kepengawasan
d. Menyusun laporan hasil-hasil pengawas dan menindaklanjutinya untuk perbaikan program pengawasan berikutnya di sekolah
       Menganalisis hasil supervisi manajerial
       Menyusun laporan hasil supervisi manajerial
       menyusun program tindaklanjut hasil kepengawasan
e. Membina kepala sekolah dalam pengelolaan dan administrasi satuan pendidikan berdasarkan manajemen peningkatan mutu pendidikan di sekolah
       Melaksanakan pembinaan dalam pengelolaan satuan pendidikan sesuai 8 SNP
       Melaksanakan pembinaan dalam penyusunan administrasi sekolah
       Membina kepala sekolah dan guru dalam melaksanakan bimbingan konseling di sekolah
    Mengarahkan kepala sekolah dan guru dalam menganalisis permasalahan layanan bimbingan konseling di sekolah
       Mengarahkan kepala sekolah dan guru dalam melaksanakan bimbingan konseling
f. Mendorong guru dan kepala sekolah dalam merefleksikan hasil- hasil yang dicapainya untuk menemukan kelebihan dan kekurangan dalam melaksanakan tugas pokoknya di sekolah
       Meningkatkan motivasi guru untuk melakukan refleksi terhadap tugas pokoknya
     Meningkatkan motivasi kepala sekolah dalam merefleksikan proses dan hasil-hasil pengelolaan dan administrasi sekolah
g.   Memantau pelaksanaan standar nasional pendidikan dan memanfaatkan hasil-hasilnya untuk membantu kepala sekolah
       Menilai pencapaian pelasanaan 8 Standar Nasional Pendidikan di sekolah
  Membuat rekomendasi hasil pemantauan untuk penyusunan program sekolah dalam upaya pemenuhan 8 SNP

2.  SUPERVISI AKADEMIK

a.  Menyusun rencana pengawasan akademik (RPA)/ rencana pengawasan bimbingan konseling (RPBK)
       Menegaskan jenis-jenis kegiatan yang akan dilakukan
       Merumuskan tujuan supervisi akademik
       Menganalisis kesesuaian antara komponen dan isi pada RPA/RPBK
b.   Memahami konsep, prinsip, teori dasar, karakteristik, dan kecenderungan perkembangan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran.
 Mencerahkan guru tentang konsep, prinsip, teori dasar, karakteristik, dan kecenderungan perkembangan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran
 Melatih guru menggunakan konsep, prinsip, teori dasar, karakteristik, dan kecenderungan perkembangan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran
c.   Memahami konsep, prinsip, teori/teknologi, karakteristik, dan kecenderungan perkembangan proses pembelajaran/bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran
  Mencerahkan guru tentang konsep, prinsip, teori/teknologi, karakteristik, dan kecenderungan perkembangan proses pembelajaran/bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran
  Melatih guru menggunakan konsep, prinsip, teori/teknologi, karakteristik, dan kecenderungan perkembangan proses pembelajaran/bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran
d. Membimbing guru dalam menyusun silabus tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran berlandaskan standar isi, standar kompetensi dan kompetensi dasar, dan prinsip-prinsip pengembangan KTSP.
       Membimbing guru menganalisis SK dan KD
       Mencerahkan guru merumuskan indikator pencapaian kompetensi
       Membimbing guru dalam menentukan materi pelajaran.
       Membimbing guru menentukan kegiatan pembelajaran.
e. Membimbing guru dalam memilih dan menggunakan strategi/ metode/ teknik pembelajaran/ bimbingan yang dapat mengembangkan berbagai potensi siswa melalui tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran.
 Membimbing guru dalam menentukan strategi/ metode/ teknik pembelajaran yang dapat mengembangkan berbagai potensi siswa
 Mencontohkan guru pelaksanaan strategi/ metode/ teknik pembelajaran yang dapat mengembangkan berbagai potensi siswa.
f.    Membimbing guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) untuk tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran.
 Membimbing guru memperkirakan strategi/ metode/ teknik pembelajaran yang dapat mengembangkan berbagai potensi siswa.
       Membimbing guru dalam merumuskan tujuan pembelajaran
       Mengarahkan guru dalam menyusun materi pembelajaran
       Mengarahkan guru dalam menyusun kegiatan pembelajaran
       Membimbing guru menentukan sumber belajar
       Membimbing guru merancang penilaian hasil belajar.
g.   Membimbing guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran /bimbingan (di kelas, laboratorium, dan/ atau di lapangan) untuk tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran.
       Mencerahkan guru dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang telah disusun pada RPP
       Membimbing guru melaksanakan penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur
h. Membimbing guru dalam mengelola, merawat, mengembangkan dan menggunakan media pendidikan dan fasilitas pembelajaran/ bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran.
       Mengarahkan guru dalam mengatur fasilitas pembelajaran.
 Membimbing guru mencontohkan media pembelajaran. yang paling tepat sesuai dengan karakteristik masing-masing KD
       Membimbing guru menemukan media pembelajaran
i.   Memotivasi guru untuk memanfaatkan teknologi informasi dalam pembelajaran/ bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran.
       Mengarahkan guru memanfaatkan teknologi informasi komunikasi (TIK) dalam pembelajaran
       Menilai guru untuk memanfaatkan TIK dalam pelaksanaan proses pembelajaran.

3.  PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN

a.   Menguasai berbagai pendekatan, jenis, dan metode penelitian dalam pendidikan
       Membandingkan karakteristik berbagai pendekatan dalam penelitian
       Mengklasifikasi berbagai jenis penelitian
b. Menentukan masalah kepengawasan yang penting diteliti baik untuk keperluan tugas pengawasan maupun untuk pengembangan karirnya sebagai pengawas
       Melatih kepala sekolah dalam mengidentifikasi masalah penelitian pendidikan
       Merumuskan masalah penelitian pendidikan
c. Menyusun proposal penelitian pendidikan baik proposal penelitian kualitatif maupun penelitian kuantitatif
       Mencerahkan tujuan penelitian
       Menyusun landasan teori
       Menentukan metodologi penelitian
d. Melaksanakan penelitian pendidikan untuk pemecahan masalah pendidikan, dan perumusan kebijakan pendidikan yang bermanfaat bagi tugas pokok tanggung jawabnya
       Memilih dan Mengembangkan instrumen penelitian
       Mengumpulkan data
e. Mengolah dan menganalisis data hasil penelitian pendidikan baik data kualitatif maupun data kuantitatif
       Mentabulasi data hasil penelitian
       Menganalisis data penelitian
       Menginterpretasikan data hasil penelitian
f.  Menulis karya tulis ilmiah (KTI) dalam bidang pendidikan dan atau bidang kepengawasan dan memanfaatkannya untuk perbaikan mutu pendidikan
       Menyusun penulisan karya ilmiah (artikel) hasil penelitian
       Menyusun penulisan karya ilmiah (artikel) non hasil penelitian
       Mempublikasikan karya tulis ilmiah untuk perbaikan mutu pendidikan
g. Menyusun pedoman/panduan dan atau buku/modul yang diperlukan untuk melaksanakan tugas pengawasan di sekolah
       Menyusun buku pedoman tugas kepengawasan
       Menyusun buku pedoman kinerja kepengawasan
h. Memberikan bimbingan kepada guru tentang penelitian tindakan kelas, baik perencanaan maupun pelaksanaannya di sekolah menengah kejuruan
       Mencerahkan guru dalam mengidentifikasi masalah PTK
       Menemukan topik/judul PTK
i.    Memberikan bimbingan kepada guru tentang penelitian tindakan kelas, baik perencanaan maupun pelaksanaannya di sekolah menengah kejuruan
       Merumuskan masalah penelitian PTK
       Mengarahkan alternatif tindakan dalam PTK
       Mengarahkan guru dalam penyusunan kerangka teori yang berhubungan dengan topik penelitian
       Mencerahkan guru tentang tahapan siklus dalam PTK

4.  EVALUASI PENDIDIKAN

a. Menyusun kriteria dan indikator keberhasilan pendidikan dan pembelajaran/bimbingan tiap mata pelajaran dalam rumpun mata pelajaran yang relevan
       Menentukan kriteria ketuntasan minimal kompetensi dasar
       Menentukan indikator keberhasilan pembelajaran
b. Membimbing guru dalam menentukan aspek-aspek yang penting dinilai dalam pembelajaran/bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran dalam rumpun mata pelajaran yang relevan
 Membimbing guru dalam membedakan aspek-aspek penting yang dinilai sesuai dengan karakteristik peserta didik
   Membimbing guru dalam mengkategorikan aspek-aspek penilaian yang sesuai dengan tuntutan pencapaian kompetensi dasar
  Melatih guru dalam menentukan aspek-aspek penting yang dinilai dalam pembelajaran sesuai dengan karakteristik mata pelajaran/ bidang pengembangan
c.  Menilai kinerja kepala sekolah, kinerja guru dan staf sekolah lainnya dalam melaksanakan tugas pokok dan tanggung jawabnya untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajaran
       Menentukan aspek-aspek penilaian kinerja kepala sekolah, guru, dan staf sekolah
     Memilih perangkat penilaian yang tepat digunakan untuk menilai kinerja kepala sekolah, guru, dan staf sekolah
  Menilai kinerja kepala sekolah, guru, dan staf sekolah dalam melaksanakan tugas pokok dan tanggung jawabnya
d. Memantau pelaksanaan pembelajaran/ bimbingan dan hasil belajar siswa serta menganalisisnya untuk perbaikan mutu pembelajaran/bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran
       Menentukan aspek-aspek pemantauan kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran
       Menyimpulkan hasil pemantauan kinerja guru dalam pembelajaran
       Menilai tingkat kesesuaian antara perencanaan dengan pelaksanaan pembelajaran
e. Membina guru dalam memanfaatkan hasil penilaian untuk kepentingan pendidikan dan pembelajaran/bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran dalam rumpun mata pelajaran yang relevan
       Melatih guru dalam menganalisis hasil penilaian
       Mengarahkan guru dalam memanfaatkan hasil analisis untuk menyusun program tindaklanjut
f.    Mengolah dan menganalisis data hasil penilaian kinerja kepala sekolah, kinerja guru dan staf sekolah
       Menyeleksi data hasil penilaian kinerja kepala sekolah, guru, dan staf sekolah
       Menganalisis data hasil penilaian kinerja kepala sekolah, guru, dan staf sekolah
       Menyusun program tindak lanjut dalam rangka perbaikan kinerja yang bersangkutan


Download Kisi-kisi Uji Kompetensi Pengawas Sekolah/Madrasah tahun 2015, silahkan klik pada links sumber artikel berikut di links berikut atau pada links alternatif dari admin dengan klik di sini

Sedangkan untuk mengetahui sekaligus download/unduh Kisi-Kisi Uji Kompetensi Kepala Sekolah/Madrasah Tahun 2015 Padamu Negeri pada links artikel berikut. Semoga bermanfaat dan terimakasih...Salam Edukasi...!

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com