Jumat, 27 Februari 2015

DOWNLOAD KISI-KISI UJI KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH TAHUN 2015 PADAMU NEGERI

Yth. Sahabat Edukasi yang berbahagia�

Berdasar pada share Info dari Padamu Negeri Kemdikbud pada Rakor BPSDMPK - PMP Kemdikbud di P4TK Penjas dan BK yang masih berlangsung pada tanggal 24 - 27 Februari 2015 yang lalu, bahwasannya akan dilaksanakan kegiatan Uji Kompetensi Kepala Sekolah dan Pengawas khusus naungan Kemdikbud se-Indonesia pada tanggal 23 - 28 Maret 2015.

Kompetensi Kepala Sekolah yang terdiri dari 4 Dimensi yakni :

1.   Kompetensi Manajerial
2.   Usaha Pengembangan Sekolah
3.   Kewirausahaan
4.   Supervisi


Dari masing-masing Kompetensi Kepala Sekolah di atas memiliki beberapa Kompetensi, dan masing-masing kompetensi terdapat beberapa Indikator.

Berikut Kisi-kisi Uji Kompetensi Kepala Sekolah/Madrasah Tahun 2015 :

1.  MANAJERIAL

a.   Menyusun perencanaan sekolah/madrasah untuk berbagai tingkatan perencanaan
       Merumuskan visi sekolah/madrasah
       Membedakan rumusan visi dan misi
       Merumuskan misi sekolah/madrasah
       Membedakan rumusan misi dan tujuan sekolah/madrasah
       Merumuskan tujuan sekolah/madrasah
       Membedakan rumusan visi dan tujuan sekolah/madrasah
       Menyusun rencana kerja sekolah/madrasah
       Menyusun perencanaan evaluasi program sekolah/ madrasah
       Mengarahkan perencanaan evaluasi program
b.   Memimpin sekolah/madrasah dalam rangka pendayagunaan sumber daya secara optimal
       Menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman sekolah/madrasah
       Memaksimalkan sumberdaya sekolah/madrasah dalam perencanaan dan pelaksanaan program
c.  Menciptakan budaya dan iklim sekolah/madrasah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran peserta didik
  Mengaitkan budaya sekolah/madrasah dengan pembelajaran yang interaktif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif.
    Mengarahkan tumbuhnya iklim yang memotivasi timbulnya prakarsa, kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan psikologis peserta didik
       Mencerahkan peserta didik untuk berkompetisi secara sehat dalam meningkatkan prestasi belajar
d.   Mengelola guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal
       Menganalisis kebutuhan guru dan staf
       Menugaskan guru dan staf sesuai dengan kompetensi yang dimiliki
       Melatih guru dan staf dalam peningkatan keprofesian berkelanjutan
    Menerapkan prinsip penghargaan dan pembinaan untuk meningkatkan motivasi kerja guru dan staf
e.   Mengelola sarana dan prasarana sekolah/ madrasah dalam rangka pendayagunaan secara optimal    Menganalisis kebutuhan sarana prasarana
       Menganalisis kebijakan program tertulis mengenai pengelolaan sarana prasarana
       Memaksimalkan penggunaan sarana prasarana yang ada di lingkungan sekolah/madrasah
       Memaksimalkan pemeliharaan dan pendayagunaan sarana prasarana dengan memperhatikan kesehatan dan keamanan lingkungan
f. Mengelola peserta didik dalam rangka penerimaan peserta didik baru, dan penempatan, dan pengembangan kapasitas peserta didik       Menyeleksi peserta didik baru (PPDB)
       Melaksanakan PPDB secara objektif, transparan, akuntabel, dan tidak diskriminatif
    Melaksanakan orientasi peserta didik baru yang bersifat akademik dan pengenalan lingkungan tanpa kekerasan
       Mengarahkan peserta didik sesuai kompetensi, bakat, dan minat
g. Mengelola keuangan sekolah/madrasah sesuai dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan, dan efisien    Menyusun RKAS
       Melaksanakan pengelolaan keuangan sekolah/madrasah secara transparan dan akuntabel
       Mengevaluasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah/madrasah (RKAS)
h. Mengelola ketatausahaan sekolah/madrasah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah / madrasah        
       Membuat daftar urut kepangkatan pegawai
       menerapkan pelayanan operasional standar ketatausahaan sekolah/madrasah
i. Melakukan monitoring, mengevaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program kegiatan sekolah/madrasah dengan prosedur yang tepat, serta merencanakan tindak lanjutnya            
       Menganalisis kinerja sekolah/madrasah melalui Evaluasi Diri Sekolah/madrasah
       Melaksanakan tindak lanjut hasil monitoring dan evaluasi program sekolah/madrasah

2.  USAHA PENGEMBANGAN SEKOLAH

a.   Mengembangkan organisasi sekolah/madrasah sesuai dengan kebutuhan
       Menganalisis tugas dan fungsi sekolah/madrasah sebagai organisasi pembelajar yang efektif
       Merancang struktur organisasi sekolah/ madrasah sesuai hasil analisis tugas dan fungsi
       Melaksanakan rincian tugas dan fungsi pengembangan struktur organisasi
       Mengevaluasi keterlaksanaan tugas dan fungsi sesuai dengan struktur organisasi
b.  Mengelola perubahan dan pengembangan sekolah/ madrasah menuju organisasi pembelajar yang efektif
       Mengembangkan perangkat yang menunjang organisasi pembelajar
       Mengembangkan suasana belajar yang kondusif bagi seluruh warga sekolah/madrasah
       Merumuskan prinsip-prinsip evaluasi pengembangan perangkat organisasi pembelajar
c.Mengelola hubungan sekolah/madrasah dan masyarakat dalam rangka pencarian dukungan ide, sumber belajar, dan pembiayaan sekolah/madrasah
       Menggali bentuk dukungan masyarakat / stakeholder dalam penyelenggaraan pendidikan
       Membangun kemitraan dalam pengembangan sekolah/madrasah
     Menggali sumber daya yang berasal dari masyarakat/ pemangku kepentingan untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan
d.   Mengelola proses pencapaian 8 SNP sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional
       Mengaplikasikan pengembangan kurikulum yang mengacu kepada standar isi
       Mengaplikasikan pengembangan proses pembelajaran yang mengacu kepada standar proses
       Mengaplikasikan sistem penilaian pembelajaran yang mengacu kepada standar penilaian
       Melaksanakan penjaminan mutu pencapaian standar kompetensi lulusan
e. Mengelola unit layanan khusus sekolah/ madrasah dalam mendukung kegiatan pembelajaran kegiatan peserta didik di sekolah/madrasah
       Merumuskan tujuan layanan khusus
       Menyusun program unit layanan khusus sekolah
       Mensinergikan unit layanan khusus sekolah dengan pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah
       Mengevaluasi program unit layanan khusus sekolah
f. Mengelola sistem informasi pendidikan di sekolah/ madrasah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan
       Menyusun program Sistem Informasi Sekolah (SIS)
       Meningkatkan peran warga sekolah dalam memberdayakan Sistem Informasi Sekolah (SIS)
       Menggunakan Sistem Informasi Sekolah (SIS) dalam membantu pengambilan keputusan
g.   Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi bagi peningkatan pembelajaran dan manajemen sekolah/madrasah
       Menerapkan pemanfaatan teknologi informasi dalam pengolahan data
       Menerapkan pemanfaatan teknologi informasi dalam penyampaian informasi sekolah
       Memfasilitasi guru dalam merancang model pembelajaran berbasis ICT
       Memfasilitasi guru dalam mengevaluasi model pembelajaran berbasis ICT
h.   Kepemimpinan Pembelajaran
  Mengembangkan strategi dalam peningkatan prestasi akademik seluruh siswa secara berkelanjutan
       Memecahkan masalah peningkatan prestasi belajar.
       Melaksanakan program peningkatan prestasi belajar.
       Menilai pelaksanaan program peningkatan prestasi belajar.
i.  Membangun kultur pembelajaran yang progresif dan kondusif di sekolah agar hasil belajar siswa dapat mencapai target optimal
       Menganalisis lingkungan belajar yang kondusif
       Mendukung iklim pembelajaran akademis
       Memaksimalkan pembiasaan positif seluruh warga sekolah agar menjadi komunitas pembelajar
j.    Melibatkan pemangku kepentingan dalam menyelesaikan permasalahan pembelajaran
       Mengarahkan warga sekolah dalam mengatasi permasalahan pembelajaran
       Menganalisis komitmen warga sekolah untuk melakukan hal yang terbaik
       Menjalin jejaring sekolah untuk optimalisasi proses dan hasil pembelajaran
k.   Melibatkan pemangku kepentingan dalam menyelesaikan permasalahan pembelajaran
  Menetapkan harapan-harapan yang tinggi bagi warga sekolah dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya
   Memfasilitasi warga sekolah untuk melakukan eksperimentasi, prakarsa moral dan hal-hal baru dalam pembelajaran
l.  Meningkatkan hasil belajar warga sekolah melalui peningkatan mutu proses pembelajaran secara berkelanjutan
       Melakukan pengembangan kurikulum yang berkelanjutan
       Memaksimalkan peran organisasi profesi untuk meningkatkan profesionalisme warga sekolah

3.  KEWIRAUSAHAAN

a.   Menciptakan inovasi yang berguna bagi pengembangan sekolah/ madrasah
       Merancang inovasi untuk pengembangan sekolah/ madrasah
       Menciptakan gagasan kreatif dalam pengembangan sekolah
b.  Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan sekolah/madrasah sebagai organisasi pembelajar yang efektif
       Merancang strategi dalam membangun budaya kerja keras
       Menerapkan strategi untuk membangun budaya kerja keras
       Membangun etos kerja untuk mencapai keberhasilan sekolah
c.  Memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin sekolah/ madrasah
       Menunjukkan keinginan yang kuat untuk sukses
       Melakukan upaya-upaya positif untuk mencapai target yang ditetapkan
d. Pantang menyerah dan selalu mencari solusiterbaik dalam menghadapi kendala yang dihadapi sekolah/madrasah
       Memperhitungkan risiko yang muncul akibat upaya yang dilakukan
       Merumuskan alternatif solusi dalam menghadapi kendala yang dihadapi sekolah
e.   Memiliki naluri kewirausahaan dalam mengelola kegiatan produksi/jasa sekolah/ madrasah sebagai sumber belajar peserta didik
       Membangun kemandirian dalam mengelola sumber daya sekolah
       Menggunakan peluang untuk memaksimalkan kegiatan sekolah

4.  SUPERVISI

a.   Merencanakan program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru
       Menyusun program supervisi akademik
       Merumuskan tahapan teknik supervisi akademik.
     Menjabarkan tujuan supervisi akademik pada masing-masing lingkup pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran
       Menggunakan pendekatan supervisi akademik yang efektif
       Menyusun prosedur monitoring dan evaluasi supervisi akademik
       Merumuskan kriteria pencapaian tujuan supervisi akademik (output)
b.   Melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat
       Melaksanakan supervisi akademik yang didasarkan pada kebutuhan
       dan masalah nyata yang dihadapi oleh guru
   Membangun hubungan dengan guru dan semua pihak yang terlibat dalam kegiatan supervisi berdasarkan prinsip-prinsip supervisi akademik
    Menggunakan pendekatan dan teknik supervisi akademik yang tepat dan sesuai dengan tujuan supervisi akademik
       Memecahkan masalah pengembangan pembelajaran supervisi akademik
       Menggunakan teknologi informasi untuk mendukung keefektifan supervisi akademik
c.   Menindaklanjuti hasil supervisi akademik terhadap guru dalam rangka peningkatan profesionalisme guru
       Merumuskan kriteria pencapaian dampak supervisi akademik (outcome)
       Mengembangkan instrumen pengukuran pencapaian hasil langsung (output) supervisi akademik
       Melakukan analisis hasil evaluasi untuk kepentingan tindak lanjut
       Mengembangkan program tindak lanjut berdasarkan hasil evaluasi supervisi akademik
       Menentukan langkah-langkah supervisi klinis

Download Kisi-kisi Uji Kompetensi Kepala Sekolah tahun 2015, silahkan klik pada links sumber artikel berikut di links berikut. Semoga bermanfaat dan terimakasih... Salam Edukasi...!

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com