Selasa, 05 Mei 2015

3 Jenis data yang sedang dibangun Kemdikbud

Pendidikan adalah salah satu aset negara yang harus dipahami sebagai tanggung jawab bersama, antara pemerintah dan masyarakat. Perbedaan dalam penyusunan strategi untuk pengelolaan pendidikan, salah satu referensi adalah ada nya perbedaan pola dan karakteristik daerah, dengan menempatkan Wawasan Nusantara sebagai dasar atau titik tolak penyusunan strategi pendidikan di daerah.

Perbedaan ini, salah satu nya disebabkan oleh tumbuh kembang nya kondisi setempat, serta pengaruh dari tempat lain karena faktor letak geografis yang memunculkan saling interaksi antar lokasi.

Geografi sebagai ilmu pengetahuan mencoba melihat ada nya perbedaan perilaku masyarakat, geografis, dan lingkungan daerah yang satu dengan daerah yang lain, yang tentu akan berimplikasi terhadap sudut pandang pendidikan sebagai kebutuhan hidup bermasyarakat dan bernegara.

Berikut 3 (tiga) jenis data yang dibangun kemdikbud :
  • Data Tabular
  • Data Spasial, dan
  • Data Citra

Data Pokok Pendidikan (Dapodik) lebih menitik beratkan pada data Tabular, untuk itu http://sdm.data.kemdikbud.go.id/egi/ sebagai salah satu referensi yang sedang dibangun dengan menitik beratkan pada Data citra dan spasial terkait dengan aktivitas masyarakat dan kondisi lingkungan.

Kumpulan peta tematik Pendidikan dan Kebudayaan yang diolah oleh pusat data dan Statistik pendidikan - kebudayaan (PSDP-K), dalam rangka berbasis ruang (Spasial).

http://www.infoptk.net/
Salah satu contoh peta tematik yang diolah PSDP-K (sumber foto http://sdm.data.kemdikbud.go.id/)


 Demikian 3 Jenis Data yang dibangun Kemdikbud. 
Sumber disini

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com